Senin, 06 Oktober 2014

Diary Pelanggaran Kode Etik



Rabu, 01 Oktober 2014
Hari ini tidak ada jadwal kuliah dan saya sedang tidak enak  badan dalam 2 dari hari senin. Kemudian orang tua menyuruh saya untuk periksa kedokter. Perjalanan dari rumah menuju rumah sakit padat merayap. Karena keadaan kurang fit, jadi saya membawa kendaraan memang agak lambat dengan kecepatan 40/km. Sengaja saya mengendarai motornya di arah sebelah kiri pinggir agar tidak mengganggu pengendara lainnya. Kemudian di arah belakang ada mobil dengan plat no B 16*9 QR mobil SX5 warna hitam tepat dibelakang saya. Mungkin mobil tersebut sedang terburu-buru. Mobil itu nyelip sana sini, mengklakson pengendara-pengendara lain, bahkan hampir menyerempet pengendara lain. Menurut saya si pengendara mobil tersebut sudah melanggar etika dalam berlalu lintas, dan sangat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Kamis, 02 Oktober 2014
Melihat tv penuh dengan berita perebutan kekuasan para anggota DPR yang menurut kami bisa dibilang ‘Perwakilan Rakyat’ atau bukan? Dimana pelantikan anggota DPR yang berlangsung sangat ricuh. Sangat memprihatinkan, dimana di saat pembuatan Undang-undang demi kesejahteraan rakyat para anggota ‘Dewan’ ada yang sebagian tidur, ada yang sedang main Hp, bahkan tak jarang kurang dari 50% anggota yang hadir. Tetapi disaat perebutan kekuasaan begitu ricuh dan getarnya mereka mengeluarkan suara agar mereka terpilih. Ini sangat sangat memprihatinkan dan menurut saya ini melanggar etika profesional dalam memimpin. Sedih melihat nasib bangsa kedepannya akan seperti apa, jika pemimpin-pemimpin seperti ini?

Jumat, 03 Oktober 2014
Hari ini tepat ulang tahun orang yang sudah melahirkan saya dengan merelakan jiwa dan rasa sakit yang dirasakan agar saya terlahir, ‘IBU’ orang yang paling berharga dari apapun. Ibu adalah seorang ibu rumah tangga, yang hampir setiap hari dirumah. Mungkin bosan, jadi di hari ulang tahunnya saya mengajak ibu ke sebuah taman di daerah cibubur untuk menghilangkan penatnya. Saya kira taman tersebut masih banyak ditumbuhi bunga-bunga dan danau-danau kecil yang bersih dari sampah. Ternyata dugaan saya salah, ada beberapa orang mencauti bunga dan membuang nya begitu saja, bahkan tak jarang pula dibuangnya ke sungai-sungai kecil. Ini sangat merusak taman, dan menurut saya ini melanggar etika kelestarian lingkungan dan kebersihan. 

Sabtu, 04 Oktober 2014
Sepulang kuliah, bensin kendaraan saya mulai habis. Jadi, saya segera mencari pom bensi terdekat. Ketika sedang mengantri ada seorang pria sedang merokok di area pom bensin yang setau saya dilarang morokok dan di larang menelphone di area pom bensin karena dapat mengakibatkan meledak bahkan kebakaran hebat. Ada seorang petugas yang sudah mempringatinya, tetapi dia tidak memperdulikannya. Kemudian datang seorang lagi mempringatinya untuk kedua kalinya. Tetapi pria itu tetap tidak perduli, bahkan hampir terjadi perkelahian diantara mereka sampai hampir kepala bagian ikut turun tangan, tetapi pria tersebut lekas buru-buru pergi. Entah apa yang dipikirkan pria tersebut dengan perbuatannya yang dapat mengancam keselamatan orang banyak. Yang menurut saya ini melanggar etika keselamatan.

Minggu, 05 Oktober 2014
Idul Adha tepat pada tanggal 05 oktober ini. Dimana para sapi, kambing, domba harus di relakan pergi (cukup berlebihan). Ada 5 sapi dan 10 kambing yang akan di kurbankan hari ini di lingkungan rumah saya. Pemotongan berakhir pukul 16.00 dan waktunya pembagian daging dalam keadaan ricuh. Di karenakan tidak adanya nomor antrian, jadi ada beberapa kericuhan di karenakan ada beberapa orang yang mengambil berlebih dan mengambil yang bukan haknya, oleh sebab itu, ada sebagian orang yang tidak menerima daging. Menurut saya itu perbuatan yang melanggar etika mengambil hak orang lain. 

Senin, 06 Oktober 2014
Pada hari ini terjadi beberapa kecelakaan yang saya lihat salah satunya di daerah bekasi, dimana ada kecelakaan ibu-ibu bawa motor kemudian diserempet mobil dan mobil tersebut berhasil kabur. Tetapi sangat memprihatinkan karena tidak ada yang menolong didaerah tersebut. Dan menurut saya orang-orang disekelilingnya melanggar etika dalam keselamat orang lain dan orang yang sudah menabraknya juga telah melanggar etika dalam berlalu lintas. Saya sempatkan untuk menolongnya karena tubuh ibu-ibu itu tertindih motor dan terdapat memar di bagian kiri kepalanya. Untung tidak jauh dari situ ada sebuah klinik. Jadi saya antar dia keklinik dan menelphone keluarganya.

*NB: Mohon maaf jika ada kesamaan nama/ salah kata yang menyinggung para pembaca, Sesungguhnya manusia tidak luput dari kesalahan. Dan terimakasih karena sudah membaca

Nama        : Rifa ‘atul Makhmuda
NPM         : 29211006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar